Translate

Senin, 23 November 2009

CAR / PTK

PENGERTIAN PTK

  1. Penelitian praktis di bidang pendidikan
  2. Mencakup serangkaian langkah/kegiatan (planning, acting, observing, reflecting)
  3. Untuk memperbaiki/meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas
  4. Dengan melakukan tindakan tertentu

ORIENTASI PTK

  1. Berbasis pada masalah yang dihadapi di kelas
  2. Tidak meninggalkan tugas pokok untuk mengajar
  3. Dilakukan secara kolaborasi
  4. Tidak memerlukan dana yang terlampau besar
  5. Hasil penelitian dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh guru
  6. Sarana evaluasi diri

g. Sarana berlatih untuk melakukan penelitian

PROSEDUR PTK

a. Identifikasi masalah

b. Menganalisis masalah

c. Merumuskan masalah

d. Merumuskan hipotesis tindakan

e. Menetapkan rancangan penelitian

f. Melaksanakan tindakan [setiap siklus terdiri dari : Planning, Acting, Observing, Reflecting]

g. Menyusun laporan

IDENTIFIKASI MASALAH

a. Adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan

b. Berasal dari hasil pengamatan di kelas, pengalaman guru, pernyataan pemegang otoritas, seminar, laporan penelitian, dan sumber –sumber lain.

MENGANALISIS MASALAH

a. Masalah yang diteliti benar-benar urgen/penting untuk dipecahkan

b. Memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran serta hasil belajar siswa

c. Memperhatikan kemampuan guru/peneliti

d. Memperhatikan kondisi sekolah (sarana prasarana dan lingkungan)

e. Memperhatikan waktu pelaksanaan

PERUMUSAN MASALAH

a. Masalah dirumuskan secara jelas

b. Tidak bermakna ganda

c. Dapat dituangkan dalam kalimat tanya atau pernyataan

d. Umumnya menunjukkan hubungan antara dua variabel atau lebih (termasuk jenis tindakan yang akan dilakukan

e. Telah menunjukkan secara eksplisit subyek dan lokasi penelitian

f. Contoh : Apakah penggunaan cerita bergambar dalam mata pelajaran sejarah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 SMPN 13 Malang?

HIPOTESIS TINDAKAN

a. Dugaan yang beralasan, jawaban sementara

b. Berisi pernyataan tentang tindakan yang akan dilakukan

c. Bertumpu pada landasan teori yang mantap/ kerangka berpikir yang jelas

d. Sesuai karakteristik PTK, bersifat lebih longgar sesuai dengan kemampuan dan pengalaman peneliti

e. Pertimbangkan kelaikan tindakan atas situasi riil

RANCANGAN PENELITIAN

a. Judul penelitian

b. Latar belakang masalah

c. Masalah penelitian

d. Tujuan penelitian

e. Hipotesis tindakan

f. Manfaat penelitian

g. Kajian pustaka

h. Metode penelitian :

i. lokasi dan karakteristik subyek penelitian

j. variabel yang diteliti

k. rencana tindakan

l. pengumpulan data

m. analisis data

n. indikator/ kriteria kinerja

o. Jadwal penelitian

p. Personalia penelitian

q. Anggaran biaya

PELAKSANAAN TINDAKAN

a. PERENCANAAN

b. TINDAKAN

c. PENGAMATAN

d. REFLEKSI

LAPORAN PTK

a. BAB I : PENDAHULUAN

b. BAB II : KAJIAN PENELITIAN

c. BAB III : METODE PENELITIAN

d. BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

e. BAB V : PENUTUP

f. DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar