Translate

Selasa, 15 Desember 2009

KURIKULUM SNP DAN RSBI GRADE VIII

KURIKULUM RSBI / SBI BAHASA INGGRIS GRADE VIII


1. Struktur Kurikulum untuk Mapel Bhs Inggris SBI adalah SNP+X1,X2,X3,X4, dan X5

2. X1: Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar dalam mengajarkan bahasa Inggris, matematika, sains dan teknologi, dan dalam berkomunikasi di luar kelas.

3. X2: Pembelajaran bahasa Inggris sedapat mungkin mencakup topik-topik yang telah dipelajari dalam kelas-kelas MIPA dan teknologi.

4. X3: Pembelajaran bahasa Inggris dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

5. X4: Pembelajaran bahasa Inggris diwarnai pemahaman lintas budaya.

6. X5: Pembelajaran bahasa Inggris mendukung pengembangan berbagai jenis kecerdasan siswa.


Mendengarkan

1. Memahami makna dalam percakapan sederhana untuk tujuan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

1.1. Memahami makna tersurat dalam percakapan interpersonal dan transaksional dalam bahasa lisan sederhana yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta dan memberi pendapat; menyampaikan, menerima dan menolak ajakan/undangan; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; memuji dan menanggapi pujian; memberi dan menjawab ucapan selamat.

1.2. Memahami makna tersirat dalam percakapan interpersonal dan transaksional dalam bahasa lisan sederhana yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta dan memberi pendapat; menyampaikan, menerima dan menolak ajakan/undangan; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; memuji dan menanggapi pujian; memberi dan menjawab ucapan selamat.

2. Memahami makna dalam teks fungsional lisan, dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive, recount dan exposition untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan dalam konteks akademik.

2.1. Memahami makna tersurat dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk descriptive, recount, dan exposition dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

2.2. Memahami makna tersirat dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk descriptive, recount, dan exposition dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

Berbicara

3. Mengungkapkan makna dalam percakapan sederhana untuk tujuan interpersonal dan transaksional, bersifat interkatif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan dalam konteks akademi

3.1. Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam percakapan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif dalam situasi informal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta dan memberi pendapat; menyampaikan, menerima dan menolak ajakan/undangan; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; memuji dan menanggapi pujian; memberi dan menjawab ucapan selamat.

3.2. Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam percakapan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif dalam situasi formal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta dan memberi pendapat; menyampaikan, menerima dan menolak ajakan/undangan; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; memuji dan menanggapi pujian; memberi dan menjawab ucapan selamat.

4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan pendek dan sederhana bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal, berbentuk descriptive, recount, dan exposition untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

4.1. Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk descriptive, recount, dan exposition untuk berkomunikasi secara interaktif dalam situasi informal dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

4.2. Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk descriptive, recount, dan exposition dalam berkomunikasi secara noninteraktif dalam situasi formal dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

Membaca

5. Memahami makna dalam teks fungsional tulis dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, recount dan exposition untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

5.1. Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersurat dalam teks fungsional tulis dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, recount dan exposition yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

5.2. Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersirat dalam teks fungsional tulis dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, recount dan exposition yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

Menulis

6. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional tulis dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, recount dan exposition untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan dalam konteks akademik

6.1. Mengungkapkan informasi dalam teks fungsional tulis pendek sederhana secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

6.2. Mengungkapkan makna dalam esei pendek sederhana berbentuk descriptive, recount, dan exposition secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

Mendengarkan

7. Memahami makna dalam percakapan sederhana untuk tujuan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

7.1. Memahami makna tersurat dalam percakapan interpersonal dan transaksional dalam bahasa lisan sederhana yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta, memberi dan menolak pendapat; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; merespon pernyataan dan memberi perhatian terhadap pembicara; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; dan mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon.

7.2. Memahami makna tersirat dalam percakapan interpersonal dan transaksional dalam bahasa lisan sederhana yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta, memberi dan menolak pendapat; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; merespon pernyataan dan memberi perhatian terhadap pembicara; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; dan mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon.

8. Memahami makna dalam teks fungsional lisan, dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative, recount dan exposition untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

8.1. Memahami makna tersurat dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk narrative, recount, dan exposition dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

8.2. Memahami makna tersirat dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk narrative, recount, dan exposition dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

Berbicara

9. Mengungkapkan makna dalam percakapan sederhana untuk tujuan interpersonal dan transaksional, bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

9.1. Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam percakapan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif dalam situasi informal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta, memberi dan menolak pendapat; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; merespon pernyataan dan memberi perhatian terhadap pembicara; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; dan mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon.

9.2. Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam percakapan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif dalam situasi formal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta, memberi dan menolak pendapat; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; merespon pernyataan dan memberi perhatian terhadap pembicara; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; dan mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon.

10. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional lisan pendek dan sederhana bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal, berbentuk recount, narrative dan exposition untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

10.1. Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk recount, narrative dan exposition untuk berkomunikasi secara interaktif dalam situasi informal dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

10.2. Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk recount, narrative dan exposition untuk berkomunikasi secara noninteraktif dalam situasi formal dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

Membaca

11. Memahami makna dalam teks fungsional tulis serta esei pendek sederhana berbentuk recount, narrative dan exposition untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

11.1. Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersurat dalam teks fungsional tulis pendek, serta esei pendek sederhana berbentuk recount, narrative dan exposition yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

11.2. Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersirat dalam teks fungsional tulis pendek, serta esei pendek sederhana berbentuk recount, narrative dan exposition yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

Menulis

12. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional tulis, dan esei pendek sederhana berbentuk recount, narrative dan exposition untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

12.1. Mengungkapkan informasi dalam teks fungsional tulis pendek sederhana secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

12.2. Mengungkapkan makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, narrative dan exposition secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

1 komentar:

  1. saya membutuhkan penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan antara percakapan transaksional dan interpersonal disertai contohnya...

    BalasHapus